@AidilAkbar

An independent financial advisor or a wealth manager who loves to share about financial planning and investment. Started his career since 1994 and adheres to principles of "Financial Planning should be Simple, Practical and Fun" so that people are aware on the importance of managing money in a proper way. By sharing knowledge in this blog, hopefully it will benefit everybody and applicable to use.

27 May 2016 2 Comments

Tips dan Trik Belanja Bijak, Part 2

shopping 3

Tweet Duit bulanan boros banget, ngak bisa nabung, ngak bisa investasi, artinya kamu ngak tau Tips dan Trik Belanja Bijak alias bagaimana cara mengatur keuangan bulanan dengan baik dan benar kan?  Gimana sih cara yang praktis ngaturnya?  Mau tau beneran atau mau tau aja nih? Oke deh Anyyyywaaaay buswaaaay…… Pertama ambil selembar kertas kosong, buat 4 garis lurus dari atas kebawah sehingga membentuk 4 kolom.  Nah, diatas setiap kolom tulis “Wajib”, “Penting”, “Senang Kalo Punya” dan “Buang-buang duit.”  Nah setelah itu, setiap Kamu belanja tulis belanjaan Kamu dibawah masing-masing kolom tersebut.  Inget ditulis yang jujur yaaaaa.. Kalau diliat, kategori pertama adalah hal-hal yang Wajib kamu miliki.  Disini adalah uang-uang yang Kamu belanjakan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal dan pakaian atau yang sering disebut dengan kebutuhan pokok.  Sementara itu kategori kedua adalah Penting untuk dimiliki.  Nah biasanya yang masuk didalam kategori ini adalah hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas hidup kira sehari-hari, seperti kendaraan, langganan majalah dan koran, gadget, buku, dan lain sebagainya. Ketegori ketika adalah “Senang Kalau Punya” adalah pengeluaran yang sebenarnya bisa ditunda, tapi menyenangkan kalau Kamu bisa belanja / atau memiliki atau bisa menikmatinya sekarang.  Contoh untuk kategori ini misalnya makan diluar bersama keluarga, atau nonton […]

24 May 2016 0 Comments

Tips dan Trik Belanja Bijak, part 1

Shopping 1

Tweet Tips dan Trik Belanja Bijak, Kamu Mau kaya? Yakin? Well, Kunci utama dalam membangun sebuah kekayaan terletak di cara kita belanja, apakah kita belanja dengan baik, benar dan bijak atau ngak?.  Pertanyaan sebenarnya adalah, apa sih yang dimaksud dengan belanja bijak itu?  Apakah beli mobil termasuk bijak?  Apakah ganti sofa dirumah juga termasuk bijak?  Yuuuuukkk kita bahas supaya bisa tahu apa bedanya niiiih… karena ketika bicara urusan belanja, masih banyak orang yang ngak bisa bedain antara kebutuhan dan keinginan, bijak atau ngak bijak….. so… Anywaaaaay buswaaaaay….., belanja sebenernya bisa saja menjadi bijak atau bahkan sebaliknya menjadi buang-buang uang.  Sebagai contoh, beli sofa tadi ketika sofa dirumah sudah reot dengan kain sobek dan besi/kayu nonjol dimana-mana, belum lagi bokong ketusuk-tusuk, dan semua penderitaan lainnya, nah kalau ini mah sudah pasti termasuk kategori belanja bijak.  Meskipun sebenernya masih bisa dibetulin tuh sofanya dan mungkin biayanya jauh lebih murah. Tapi, kalau kamu ganti tuh sofa lama dengan sofa baru hanya karena menyambut lebaran atau tahun baru supaya keliatan baru dan fresh, nah itu baru buang-buang duit.  Apalagi kalau Kamu kemudian tanya ke manajer toko ato pelayannya kalo ada cicilan tetap atau easy payment, itu udah tanda-tanda kalau Kamu “maksa” beli sofa yang […]

15 April 2016 0 Comments

Baby Buster, Apaan Tuh? Generasi Sandwich part 4

Baby buster

Tweet Nyambung dari tulisan sblomnya nih, nah anak dari generasi Baby Boomer ini adalah yang disebut dengan generasi Baby Buster.  Generasi Baby Buster adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1960 sampai 1980.  Generasi ini yang sekarang banyak bekerja di perusahaan-perusahaan dengan tingkat dimulai dari staf biasa, supervisor, manajer muda sampai manajer senior.  Sebagian kecil bahkan sudah menjadi bagian dari eksekutif muda dan Direktur di berbagai perusahaan. Anyyyywaaaayyy Bussswaaaaayyy……. Generasi ini yang kemudian bertanggung jawab untuk membantu kebutuhan orang tua mereka baik kebutuhan bulanan untuk bertahan hidup dimasa pensiun maupun kebutuhan lain seperti obat-obatan.  Banyak juga dari generasi ini yang mengalami kesulitan untuk mempertahankan hidup serta mencukupi keluarga mereka sendiri.  Sehingga untuk menanggung beban keluarga sendiri dan orang tua menjadi sangat berat. Beban hidup yang sudah berat ini kemudian akan semakin diperberat dengan keberadaan anak-anak mereka.  Sebagian dari Generasi Baby Buster telah memiliki anak yang lahir ditahun 1980 sampai 1990an yang kemudian disebut dengan Generasi X.  Generasi X yang lahir diawal-awal tahun 1990an sudah mulai memasuki bangku kuliah bahkan beberapa diantara mereka yang mulai memasuki dunia pekerjaan.  Sementara generasi yang lahir diawal tahun 1980an sudah mulai menapaki karir mereka di dunia pekerjaan.  Dengan semakin sulitnya keadaan ekonomi, banyak perusahaan yang ditutup […]

8 April 2016 0 Comments

Small Family, More Problem, Generasi Sandwich part 3

Family clipart

Tweet Kalau masih ingat dalam tulisan sebelumnya sudah dibahas tentang Generasi Baby Boomer dan bagaimana pola berfikir mereka tentang investasi dan apa saja bentuk investasi yang dilakukan oleh generasi Baby Boomer ini di Indonesia.  Setelah generasi Baby Boomer, maka lahirlah Generasi Baby Buster.  Sebelum kita mulai melakukan persiapan sebagai Generasi Sandwich ada baiknya kita melihat data-data yang berlaku saat ini.  Data ini dikeluarkan oleh biro statistic dan berlaku secara general untuk kawasan Asia termasuk Indonesia. Daaaaan datanya cukuuup membuat woooowwww… Anywaaayy… buswaaaaay…..Data pertama mengatakan bahwa kita akan hidup lebih lama.  Data menunjukan di tahun 1957 umur hidup untuk bayi laki-laki yang lahir pada saat itu adalah mencapai usia 55,8 tahun sedangkan untuk bayi perempuan bisa mencapai usia 58,2 tahun.  Saat ini bayi laki-laki yang lahir diharapkan dapat bertahan hidup mencapai usia 70 tahun sedangkan bayi perempuan bisa mencapai usia 75 tahun.  Mengapa hal ini terjadi?  Ilmu kedokteran dan obat-obatan yang sangat maju membuat banyak ditemukannya metode serta obat-obat baru untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang dahulu belum dapat disembuhkan dan menjadi penyebab kematian fatal.  Dengan semakin majunya ilmu kedokteran maka harapan hidup seseorang akan semakin panjang.  Apa artinya ini bagi dunia keuangan kita?  Dengan dapat hidup semakin panjang dan lama berarti persiapan […]

11 March 2016 0 Comments

Apa Itu Baby Boomer? , Generasi Sandwich, bagian 2

baby boomers

Tweet Pada tulisan sebelumnya sudah dibahas apa itu Generasi Sandwich secara dasar, permasalahannya bagaimana Generasi Sandwich itu bisa terbentuk? Nah, kalau dilihat kana ada 3 generasi nih? Yuk kita bahas dulu generasi pertama yang disebut Generasi Baby Boomer, apaan tuh? Anyyyywaaaaay Bussswaaaaay….. Pada saat orang tua kita ada biasanya mereka lahir dimasa perang atau setelah perang dunia ke II. Generasi ini sering juga disebut dengan Generasi Baby Boomer. Masa muda, kuliah, bekerja dan menikah mereka biasanya terjadi di sekitar tahun 1955-1970an. Tahun-tahun tersebut adalah tahun dimana masa-masa masih sulit khususnya di Indonesia dan bagi sebagian besar negara di wilayah Asia karena negara-negara ini baru keluar dari Penjajahan Barat, Merdeka dan sedang mencoba untuk bisa menghidupi negara masing-masing. Buat para orang tua kita saat itu pekerjaan yang paling aman dan menjamin kehidupan masa depan mereka dan keluarga adalah dengan menjadi pegawai pemerintah atau disebut juga dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sampai sekarangpun masih banyak orang tua (khususnya yang masih tinggal di kota-kota kecil) yang menginginkan anaknya kelak untuk bekerja menjadi PNS. Bagi mereka PNS memberikan keamanan pekerjaan yang terjamin, tunjangan kesehatan dari pemerintah, tunjangan beras dan kebutuhan rumah tangga, serta tunjangan pensiun bila waktunya tiba. Di jaman orang tua kita ini […]