9 August 2016 0 Comments

Cowok sama Cewek Jago Mana Kelola Duit?

shopping man woman 1Coba tebak cowok sama cewek jago mana kelola duit?  Please note, ini bukan isu gender ato alias main kubu-kubuan, tapi melihat kenyataan dilapangan.  Weits yang cowok jangan seneng dulu, meskipun sering kali kita liat cewek lebih sering belanja (di mall dimana-mana), yang cowok juga ngabisin duit ngak lebih sedikit dari cewek.  Cuma pola belanjanya aja yang beda nih.  Cewek sering tapi sedikit sedikit, cowok jarang tapi sekali belanja buanyaaaak and mahaaaal…. So ujung-ujugnya yaaa sama aja sih.

Anyway buswaaaaaay………, kalo di Indonesia kita bisa ngamatin sendiri kan.  Gimana kondisinya di negara lain, misalnya di Amerika deh yang katanya udah pada jago ngelola keuangan dan rata-rata udah pada punya investasi.  Kayak apa sih statistiknya?

Ada satu study yang dilakuin sama Financial Finesse di California, Amerika Serikat, tentang pola mengelola duit dan belanja serta investasi untuk cowok dan cewek, dan hasilnya cukup surprise sih.  Apa aja itu? Nih kita cek:

  • Untuk keuangan dan produk keuangan ternyata 84% dari pihak Cowok klaim bahwa mereka mengerti sedikit tentang produk keuangan, jargon-jargon dan istilah keuangan seperti apa yang disebut Obligasi, Saham dan Reksadana, sementara Cewek hanya sekitar 64% yang mengetahui tentang produk keuangan tersebut. Angkanya lumayan tinggi sih, hal ini terjadi karena informasi tentang keuangan dan produk keuangan disana sudah lebih maju dan mudah diakses.
  • 42% dari Cowok merasa percaya diri dalam mengambil keputusan berinvestasi pilihan produk investasi mereka, sementara hanya 25% dari pihak cewek yang percaya diri dalam hal berinvestasi. Wuiiiih ada hubungannya sama pede juga nih kali ya.
  • 80% dari Cowok mengatakan bahwa mereka bisa mengatur cash flow bulanan mereka dengan baik, dibandingkan dengan Cewek yang 63%. Di Indonesia, klien di firma kami kebanyakan yang dateng duluan ya ceweknya, karena mereka menteri keuangan rumah tangga.
  • Ada sekitar 30% dari Cowok merasa tidak nyaman dengan hutang, sementara ada sekitar 46% dari Cewek yang tidak nyaman dengan hutang, khususnya hutang konsumtif.
  • 65% dari Cowok membayar lunas tagihan kartu kredit mereka setiap bulannya ketika datang tagihan (bukan ketika datang bulan ya), sementara hanya 49% dari Cewek yang membayar tagihan kartu kreditnya secara penuh setiap bulan.
  • Selisih terkecil adalah dibidang persiapan dana pensiun. 19% dari Cowok dan 12% dari Cewek yang sama-sama percaya diri bahwa persiapan pension mereka sudah dilakukan jauh-jauh hari dan mereka percaya akan bisa mencukupi sekurang-kurangnya 80% kebutuhan keuangan mereka disaat pension.
  • Kedua pihak Cowok dan Cewek sama-sama berinvestasi pada Dana Pensiun yang dipersiapkan dari kantor mereka, dengan selisih yang tipis, Cowok 92% Cewek 91%.

Lumayan juga hasilnya yak, ternyata di sana ngak pinter-pinter amat juga sih.  Kalo gitu di Indo bisa jadi lebih kecil lagi.  Makanya kita musti belajar cara ngelola duit yang baik dan benar, mumpung kamu-kamu masih muda nih, waktunya masih panjang buat investasi.  Kemana belajarnya? Ada beberapa workshop yang kita rekomen, untuk workshop ngelola keuangan bisa ikut kelas CPMM, info bisa buka disini > http://bit.ly/pm27ags .

Kalau mau belajar investasi di Reksadana bisa ikutan workshop Cara Kaya dengan Reksadana, infonya buka disini > http://bit.ly/rd28ags  (btw ada yang sharing di milist seputar keuangan lho kalo dia ngikutin advis di milist n twitter trus invest sekarang dah profit >30% dalam waktu 9 bulan aja……… ngiri kaaaaaan hahahaha).  Oh iya ada juga kelas komunikasi yang kita rekomen, Komunikasi yang menghypnotis (kereeeeen kaaan diajarin hypnotis), infonya bisa buka disini > http://bit.ly/nlp14ags .  Detil bisa hubungin Rey di SMS/WA 08567035100 ato via BBM PIN ny di 762FCF32.

So?  Mau kaya? Kuncinya ya investasi, pertama investasi ke diri sendiri dulu, alias sekolaaaaah and belajaaaaar, baru deh investasi ke produk keuangan biar duitnya makin  banyak n kenceng.

Leave a Reply