3 February 2015 0 Comments

Nabung Bikin Jadi Miskin

Nabung Bikin Jadi Miskin, percaya?.  Well, Minggu lalu, ada yang tanya di akun twitter saya @AidilAKBAR, “Mas, bagaimana kalau saya investasi di tabungan dan deposito? Bagaimana Perkembangan uang saya?”.  Jawaban saya seperti judul diatas, yes Nabung bikin kamu jadi miskin.  Mungkin banyak yang tidak setuju, sah-sah saja kok Negara bebas merdeka.

Kenapa saya bilang nabung jadi miskin?  Mudah saja.  Andai anda punya uang (kita pakek nominal agak besar ya supaya angkanya keliatan perbedaanya), Rp. 100.000.000,- seratus juta rupiah, kalau dimasukan ke tabungan berapa bunganya?  1%? 2%?.  Yes, bunga setahunnya sekitaran segitu yang kalau di rupiahkan akan menjadi sekitar Rp. 2.000.000,- dua juta rupiah per tahun atau sama dengan Rp. 167.000,- seratus enampuluh tujuh ribu rupiah (pembulatan keatas).

Pertanyaanya kira-kira berapa besar kenaikan biaya hidup kita per tahun sekarang?  Kalau ngikutin angka pemerintah sih antara 6.5%-8%an ya.  Pertanyaanya buat anda yang sering ke pasar induk atau pasar becek atau pasar modern untuk belanja, kira-kira berapa kenaikan barang-barang?  Kalau di hitung rata-rata sekitar 12%-15%an kan?  Setuju ya?. Artinya kalau kalau bunga kita di tabungan hanya 2%, sementara kenaikan biaya hidup rata2 15%/tahun berarti uang kita minus 13%/tahun.

Minus segitu kalau Cuma setahun belum tentu terasa, bagaimana kalo dalam 10 tahun?  Hasil hitungan saya penyusutan nilai uang Rp. 100 juta dalam 10 tahun dengan kenaikan 13% ( kenaikan biaya hidup real 15% dikurangi 2% bunga tabungan), maka uang anda akan menjadi hanya sebesar Rp 29,5 juta saja dalam waktu 10 tahun.  Artinya, kalau uang anda dibelikan barang bisa mendapatkan barang seharga Rp. 100 juta, nanti dalam 10 tahun lagi uang yang sama hanya bisa dapat barang seharga Rp. 30 juta saja (nilai saat ini).  Terbukti kan? Tabungan bikin anda miskin.

Trus harus gimana donk?  Ya harus investasi biar ngak jadi miskin.  Itu wajib hukumnya!!! Investasi yang seperti apa?  Banyak sekali komponen komponen yang harus kita pelajari sebelum berinvestasi.  Sebenarnya banyak sekali tips-tips dan trik-trik investasi yang bisa kita lakukan, beberapa dari trik-trik tersebut akan dibahas secara lengkap dan detail di workshop mengatur keuangan secara simple seperti disini > http://bit.ly/2pm15 , atau anda juga bisa belajar berinvestasi disini > http://bit.ly/2cmf15 , atau mungkin anda yang sudah kejeblos dan merasa salah beli asuransi bisa di cek disini > http://bit.ly/nlp28feb , dan yang paling terpenting adalah tidak salah dalam berkomunikasi, bisa di cek disini > http://bit.ly/nlp1mar

Info bisa tanya ke  PIN 762FCF32 atau telpon 02144635752

So, investasi sebenarnya mudah tapi pelajari dengan seksama sebelum memulai daripada jadi miskin.

Follow twitter @AidilAKBAR , web www.AidilAkbar.com

 

 

Leave a Reply