28 June 2010 20 Comments

Mau Invest ReksaDana? Gimana Caranya?

Berhubung banyak sekali yang bertanya-tanya bagaimana cara membuka atau memulai investasi di Reksa Dana, maka supaya mudah dan gampang menjelaskannya maka saya akan informasikan step-step cara membuka sebuah Rekening Reksa Dana.

1. Tentukan dulu tujuan keuangannya dan berapa target dana yang anda inginkan (ini biasanya tugas seorang Perencana Keuangan) dan harus melalui tahapan “menggali” alias harus ngobrol-ngobrol dulu, jadi tetep ngak bisa instan tanya 1 pertanyaan trus langsung bisa tau butuhnya berapa booosss, harus di cek dulu.

2. Nah, setelah tau tujuan keuangan, tau kira-kira mau invest berapa besar, barulah kemudian kita mulai membuka rekening ReksaDana.  Kalau masih belum mengerti apa itu ReksaDana bisa dibuka di posting-postingan saya dibulan May deh, ada sekitar 4 postingan.

3. Jadi ReksaDana ini bisa dibuka langsung ke perusahaan pengelolanya (Manajer Investasi) atau bisa melalui agen penjualnya.  Mayoritas dari agen penjual ini adalah Bank tempat anda menabung.  Kalau mau tau ReksaDana atau Manajer Investasinya anda bisa mengecek di mbah “google” ketik “Manajer Investasi” atau “ReksaDana”… kayak gini masih harus di ajarin ya? hahaha cara lain bisa dengan melihat di media ekonomi baik surat kabar ataupun majalah ekonomi.

4. Ketika membuka rekening ReksaDana anda akan diminta mengisi beberapa formulir antara lain:

a.  Formulir profil resiko, untuk mengetahui seberapa paham anda tentang investasi dan resiko apa yang bisa anda ambil

b. Formulir KYC atau “Know Your Client” yang berisi data tentang anda dan darimana uang anda berasal.  Ini formulir standard yang dipersyaratkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mencegah adanya tindak pidana pencucian uang.  Di beberapa perusahaan pertanyaan-pertanyaan di formulir ini digabung kedalam formulir pembukaan rekening.

c. Formulir pembukaan rekening, formulir ini mirip seperti ketika anda membuka rekening tabungan.  Apabila anda membeli ReksaDana melalui Bank diharuskan membuka rekening dulu di Bank tersebut.  Jadi anda membuka 2 rekening yaitu rekening ReksaDana dan rekening tabungan.

d. Formulir pembelian reksadana.  Karena ReksaDana ini adalah produk investasi dan harus dibeli maka setiap anda ingin melakukan investasi anda harus melakukan pembelian Unit.  Harga per unit yang anda beli dapat dilihat dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB).  Jadi kalau harga NAB nya 1.000 (biasa dimulai diharga seribu) terus anda invest 1juta jadi anda akan punya 1,000,000/1,000 = 1,000 unit.  Unit yang anda miliki akan bertambah kalau anda invest lagi.  Nah cara ngitung keuntungan dari investasi anda adalah jumlah dari unit terakhir x NAB terakhir.

5. Siapkan foto copy KTP sebagai identifikasi.

6. Siapkan uangnya ya booss, biasanya akan ditransfer.  Apabila anda membuka rekening ReksaDana di perusahaan Manajer Invesasi (langsung) maka biasanya anda diminta untuk men-transfer dana investasi anda ke rekening atas nama ReksaDana nya (inggaaatt BUKAN rekening atas nama Manajer Investasi nya) di Bank Kustodian.  Biasanya rekening ini sesuai seperti yang tercantum didalam PROSPEKTUS.  Bagi anda yang membuka rekening ReksaDana investasi ini di Bank, maka terkadang Bank nya membuka rekening “penampungan” di Bank mereka.

7. Bukti kepemilikan yang anda peroleh dari Manajer Investasi berupa Surat Konfirmasi kepemilikan.  Simpan baik-baik bukti ini apabila anda butuhkan untuk mencairkan dana anda.  Anda akan menerima Surat Konfirmasi terbaru setiap anda menambah investasi anda.  Beberapa ReksaDana akan mengirimkan laporan rekening bulanan ke anda, atau apabila anda berinvestasi melalui Bank, maka bank tersebut yang akan mengirimkan laporan kepada anda.  Beberapa Manajer Investasi tidak mengirimkan laporan bulanan akan tetapi mengirimkan laporan tahunan.

Soooooooooooooooooo…. dah ngerti kaaaann??? Happy Investingggg…

C . u Guys di #KopdarAFC II besok

Tags:

20 Responses to “Mau Invest ReksaDana? Gimana Caranya?”

  1. pipitta 28 June 2010 at 4:32 pm #

    Nyari reksadana yang syariah agak susah ya?? Ga semua bank jual.. iya apa iya? hehe.. maksa :P

    • ulfa 28 June 2010 at 4:54 pm #

      ada ko..di Danareksa, batasa, PNM… dll.

      • pipitta 2 July 2010 at 3:50 pm #

        maksudnya RD Syariah yang dijual lewat bank.. :)
        Danareksa, PNM, dll itu bukan bank kan?

        • aira 6 July 2010 at 6:06 pm #

          coba cek di bank mandiri atau niaga, saya pernah liat di sana ada RD syariah kok…

  2. ordinarydee 28 June 2010 at 6:56 pm #

    jelaaaasssss banget banget mas :)

  3. Rahman 28 June 2010 at 7:35 pm #

    Thank you Bang Akbar, salah satu inspirasi saya sehingga saya berani buka reksadana syariah dari Bang Akbar. Tetep produktif menulis Bang :)

  4. linda 28 June 2010 at 10:55 pm #

    Bgs nya ikt d mana ya pak.. ?

  5. nonadita 29 June 2010 at 7:37 am #

    Bakalan ada posting lanjutan ‘kan? Tentang macam2 reksadana dan panduan milih yg cocok? << ini sekaligus request, Bang. Hehehehe…

  6. adi 29 June 2010 at 10:08 am #

    kalo beli reksadana di bank itu ada potongannya tiap kali invest. kira2 2% dari nilai investasi, biasanya beda bank beda potongannya, beda produk juga beda potongannya.

    lanjuuut bang!
    dilajut part 2 nya Banng

  7. Dewi 6 July 2010 at 2:14 pm #

    Pak, tengkyu ulasannya tentang rd ya.
    Akhirnya kemarin aku nyoba beli dikit….
    Btw, memang bener yah, promo unitlink itu gila2an. Lha wong udah jelas2 mau beli rd koq malah disuruh beli unitlink *sigh*

  8. Cahyadi 8 July 2010 at 2:52 pm #

    nilai minimal bwt invest di RD berapa mas? saya awam banget.. tapi ingim memulai..

  9. Dewi 8 July 2010 at 8:39 pm #

    Mas cahyadi, rd punya mandiri bisa 500 rb koq.

  10. Nares 12 July 2010 at 1:45 pm #

    Mas Cahyadi, di danareksa lagi promo 100 ribu tanpa fee tuh…

  11. wawan 13 February 2011 at 10:00 pm #

    beli reksadana lewat commonwealth aja……
    banyak pilihannya, bisa beli online juga. cuma klo mau cairin tetap harus dateng. buka rekening tabungan juga 500rb bisa. hehehhee….. ane bukan karyawan commonwelth lho ya, hanya nasabah yang ingin berbagi….

  12. Aam 16 February 2011 at 3:23 pm #

    Om, kalo kita buka rd awalnya di bank (agen), ntar untuk NAMBAHIN jumlah rd kita itu harus tetep lewat bank tersebut atau juga bisa langsung via MI?

  13. ellen 1 April 2011 at 6:08 pm #

    Mas Akbar, makasih bgt info2nya..tp begini mas, sy kan mau buka reksadana di bank mandiri..tp dijwb gak punya prospektusnya..gmn tuh mas? solusinya gmn?

  14. Iwal 27 April 2011 at 2:55 pm #

    @ellen, sebaiknya jangan diambil mbak. prospektus itu penting..walopun saya juga ga ngerti apa isinya.. :D Saya buka di co******alth karena fitur transaksi onlinenya. Pilihan rd nya memang terbatas.

  15. ila 23 May 2011 at 8:26 pm #

    ngerti boss…. tp tetep aja malu utk memulai, karena bank2 maunya investor kakap klo kaya kita mereka gak nafsuuu. di CIMB sepertinya ada juga ya?? mw coba invest ahhh…. bismillahirrohmannirrohim…

  16. ardini enita 3 November 2012 at 8:10 am #

    saya nyari informasi seperti ini sudah dari tadi, ternyata ketemunya di sini :-) Mantap, informasinya menarik! Kalau menurut saya pribadi, saya lebih suka reksadana pendapatan tetap karena resikonya lebih kecil. Tapi investasi emas juga menarik buat saya, karena kecenderungan harganya selalu meningkat. Ada yang tau informasi harga emas terkini gak?

  17. dihas 16 November 2012 at 10:46 am #

    saya sedang belajar dan tertarik…
    :)


Leave a Reply

online pharmacy viagra super active online